Sebelum menyambut Paskah, umat Katolik di seluruh dunia akan mengawalinya dengan Rabu Abu. Tahun ini, Rabu Abu berlangsung pada tanggal 17 Februari. Rabu Abu merupakan tanda awal dimulainya masa Prapaskah sekaligus merenungkan Aksi Puasa Pembangunan (APP). Selama masa Prapaskah hingga Paskah, umat Katolik akan menjalani pantang dan puasa. Pada kesempatan kali ini, sekolah kami mengadakan ibadat Rabu Abu secara virtual karena masih dalam suasana pandemi. Anak-anak melakukan ibadat Rabu Abu di rumah masing-masing bersama keluarga. Homili yang disampaikan sangat ringan dan sederhana, harapan kami agar anak-anak dapat memahami dengan mudah.

Untuk mengawali masa Prapaskah anak-anak belajar menjadi manusia baru. Salah satunya dengan berpantang dan berpuasa. Misalnya anak-anak pantang marah-marah, pantang malas, pantang jajan dan lain sebagainya. Yang mudah dilakukan oleh anak-anak di rumah. Selama masa Prapaskah anak-anak akan membuat dan mengisi celengan Yesus Tuna Wisma agar belajar untuk menyisihkan sebagian uang jajannya untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Mari kita awali masa Prapaskah ini dengan pertobatan dan menjadi manusia baru. Belajar menjadi pibadi yang lebih baik demi kemuliaan Tuhan. Salam sehat selalu untuk kita semua, Tuhan memberkati.

Sebarkan artikel ini

Network-wide options by YD - Freelance Wordpress Developer